5 cara belanja online aman



Belanja online itu menyenangkan kita dapat barang yang kita inginkan tanpa harus keluar rumah muter-muter kepasar atau mall kita cukup duduk diam sambing pegang kompter, laptop atau smartphone. kita order > Transfer dan barang dikirim namun teman2 perlu hati2 karna ada saja orang jahat yang berniat nipu. jadi teman2 perlu teliti sebelum membali barang nah berikut adalah tips" agar belanja online tetap aman dan menyenangkan
1
.      Belanja di toko online terpercaya
Sebelum berbelanja, alangkah baiknya jika meniliti secara detail toko online tersebut. Testimoni, Contact Person, dan penataan konten dapat menunjukkan legitimasi dari sebuah toko online. Kita juga bisa melakukan riset dengan mencari beberapa review terlebih dahulu dari Google mengenai toko online yang dituju.
2.     Cek rekening toko online di Google
Melakukan pengecekan rekening di Google juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghindari penipuan online. Setelah deal transaksi dengan sebuah toko online, toko tersebut akan mengirimkan nomor rekening berserta atas nama (A/N) pemilik rekening untuk via pembayaran. Copy paste nomor rekening dan A/N tersebut ke Google, Google akan menunjukkan hasil pencarian yang akan membantu kita mendapatkan informasi jika toko online tersebut terpercaya atau penipu.
3.      Lindungi komputer dengan antivirus
Pastikan kita telah menginstal software antivirus yang akan melindungi komputer dari virus, Malware, atau Spyware yang dapat mencuri informasi atau data pribadi dari komputer kita. Virus, malware, atau Spyware dapat ditemui dari iklan Ads atau Pop-Up yang biasanya muncul saat kita sedang menelusuri toko-toko online di dunia maya. Update antivirus ini secara teratur agar komputer tetap aman saat sedang berburu barang di toko online. 
4.      Baca dengan teliti kebijakan tokoonline
Hal ini dapat melingkupi kebijakan toko terhadap produk yang dijual, yaitu garansi produk dan sistem refund atau pengembalan uang jika barang yang dikirim cacat atau tidak sesuai.
Hal krusial lainnya ialah informasi pribadi yang diminta toko online untuk kepentingan transaksi. Berhati-hati dan cermat karena hal ini dapat memberikan kesempatan untuk pencurian data identitas.
5.      Jangan tergoda oleh barang harga murah
Periksa dengan detail rincian kondisi barang yang dijual dengan harga mura. Hal ini sering menjadi penyebab kerugian karena kurang telitinya membaca deskripsi produk yang ada. Sangat penting diketahui jika barang yang akan kita beli ialah refurbish, bekas, new, atau memiliki cacat produksi.
Previous
Next Post »