3 Tipe Pengusaha


Ada tipe pengusaha dimana pun berada yang pertama

1. Palugada (apa lu mau gua ada)
Tipe yang pertama namanya palugada apa lu mau gua ada Apapun dijual selama ada peluang dan menguntungkan, biasanya orang di tepi ini adalah masa penjajakan awal usaha, mencari jati diri dan keberuntungan hampir semua di coba misal mulai dari jual galvalum, Pintu rumah, meja kursi,
kalo ditanya bro lu ada chanel orang jual mobil enggak ?
waah kebetulan gua makelaran mobil juga.
besoknya temanya yang beda tanya lagi lu jual laptop gak
gua ada ? lu mau laptop baru atau bekas
tipe ini mencari produk yang cocok untuk diri nya Hingga sreg
namun ditipe ini kelemahanya tidak fokus pada satu produk
yaaa laaah namanya aja palugada semua disikat
sebagian besar pengusaha adalah tipe ini
semua-semua dijual akhirya tidak fokus



2. Fokus
Tipe ini artinya Fokus terhadap 1 Produk yang mereka jual hingga sukses menjual buanyak produk
jika sistem sudah terbangun
mulai dari Cs, Marketing, Produksi,
baru membuka usaha baru
tipe ini adalah tipe orang yang setia

3. Dari Hulu Ke Hilir
Tipe pengusaha ini mengusai produksi dan mengusai pemasaran
dari hulu dimaksudkan adalah produksi sendiri lalu
dari hilir mereka memasarkan hasil produksi tersebut
tipe kedua ini keren banget Lho
misalkan anda jual tas seperti saya maka tahu jenis kain yang dipakai untuk tas
bahanya apa saja, harga nya berapa saja, lalu dipotong untuk menjadi 1 buah tas
keuntunganya berapa saja, bayar penjahir berapa dll
lalu memasarkanya dan menjualnya
memang untuk sukses tidak harus dari hulu ke hilir saya contohkan sepatu nike
mereka tidak memproduksi sendiri namun nike bekerjasama dengan pabrik \
pabrik yang produksi dan pihak nike yang menjual hasil produksi nya

saran saya jika anda pengusa
kalo memang diawal usaha boleh palugada untuk mencari produk yang sesuai dengan anda
namun jangan lebih dari 2 tahun anda tidak akan sukses karna kehilangan fokus
saran saya cepatlah temukan produk yang sesuai dengan jati diri, keberuntungan anda dan cocok dengan anda jika sudah fokuslah
Fokus hingga Sistem sudah terbangun seperti yang saya katakan diatas Cs, Marketing dll
jika sistem sudah Terbangun
lanjur ke  dari hulu ke hilir
memang untuk sukses tidak harus dari hulu ke hilir
namun lebih baik jika anda kuasai produksi

Sistem sudah terbangun
Penjualan sudah terbangun
Produksi sudah terbangun
artinya bisnis anda sudah kuat

Bisnis yang sudah kuat
sistem sudah terbangun meski anda tinggal jalan2 selama 3 bulan
bisnis anda tidak akan goyah, tidak akan roboh
anda hanya dibutuhkan untuk mengambil keputusan2 penting
namun selama tidak terlalu penting masih bisa dikendalikan oleh Manager atau bawahan perusahaan
di posisi ini anda hanya nerima uang masuk ke rekening saja

Previous
Next Post »