SEO adalah sebuah
singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION atau OPTIMASI MESIN PENCARI. Secara
sederhanakan intinya SEO
adalah Mengoptimalkan Website agar berada di Halaman 1 google, Mudah ditemukan
dengan Kata kunci yang tepat. nah untuk mengerjakan SEO saya Bagi menjadi dua :
- SEO Organik adalah seo dimana kita menggunakan teknik agar mencapai halaman 1 google baik dengan cara manual ataupun dengan cara robot
- SEO non organik adalah dimana kita menggunakan iklan GoogleAdWords misalnya
APA ITU SEO? CARA KERJA SEARCH ENGINE ?
Untuk memberikan anda bayangan yang lebih mendalam dari keseluruhan proses belajar SEO ke depannya saya juga merekomendasikan anda membaca artikel ini, karena SEO anda bisa menemui kesulitan kalau anda tidak melihat korelasi dari hal-hal yang dijelaskan di dalam artikel berikut.
ALGORITMA GOOGLE
Ada beberapa Algoritma google yang tujuanya untuk memudahkan pencarin, mendeteksi copy paste artikel dll beberapa diantaranya adalah
1. Algoritma Google Caffeine
Algoritma
Google Caffeine resmi dirilis oleh Google pada 2009 silam yang bertujuan
mengamati struktur arsitektur website pada indeks mereka dan begitu juga
website yang belum dijamah.
2. Algoritma Google Panda
Selang dua tahun kemudian setelah google caffeine, tepatnya 2011, Google
kembali merilis perubahan algoritma bernama Panda. Adapun tujuan utamanya yaitu
menghukum website sebanyak mungkin yang doyan merilis konten berkualitas
rendah. Pada masa ini konten berkualitas dianggap sebagai raja, bahkan berperan sentral dalam analisis
dan evaluasi website.
3.
Algoritma Google Penguin
Usai
mengidentifikasi dan menghukum website berkonten kualitas rendah, inilah waktu
tepat bagi Google lebih fokus dan memperbaiki kesalahan penerapan SEO.
Algoritma baru akhirnya diperkenalkan kembali setahun usai perilisan Panda,
tepatnya 2012 silam, kali ini mengusung nama hewan Penguin. Adapun tujuan utama
yaitu meregulasi website spam atau optimasi berlebih.
4.
Algoritma Google Hummingbird
Google
pertama kali merilis Hummingbird pada ulang tahun ke-15, tepatnya September
2013 silam, bertujuan mencari website yang mengedepankan kecepatan dan
ketepatan. Awalnya perilisan Hummingbird dijadwalkan pada Agustus, namun
dibatalkan Google sehingga baru resmi berjalan sehari sebelum ulang tahun
Google ke-15 yang jatuh pada tanggal 27 September.
Apa
yang membuat Hummingbird berbeda dari versi terdahulu? Algoritma ini
memungkinkan Google menyegarkan kembali indeks dan mesin pencari buatan mereka.
Tak hanya itu, mereka turut menyimpan beragam elemen penting milik algoritma
pencarian versi terdahulu. Bisa dikatakan bahwa Hummingbird jauh lebih lengkap.
Dan algoritma milik google masih terus berkembang dan diperbarui
MATERI 2: RISET KATA KUNCI DENGAN GOOGLE
Rahasia dari kekuatan website adalah kata kunci yang
tepat coba anda bayangkan anda mempuyai sebuah produk tikar lalu website anda
diberi nama brand anda www.jokotik.com
yang artinya jokotikar nah pertanyaanya adalah apakah masyarakat sudah mengenal
brand anda jokotik. Mungkin tetangga anda saja tidak tahu apalagi orang di
internet tidak mungkin mereka mengetikan jokotik.
Namun pembeli di internet pasti akan mengetik apa yang
mereka butuhkan kalo saya mau beli tikar pasti saya ketik jualtikar. Lalu logika
nya yang diketikan customer jual tikar nama website anda jokotik ketemu gak. Pastinya
tidak. Nah dimateri kedua akan saya ajari Riset kata kunci dan pemetaan pasar
fungsi pemetaan pasar adalah untuk mengetahui dikota mana orang yang menari
tikar. Kalo misalkan anda jual di internet nembak kota papua sedangkan orang
papua tidak butuh tikar kira2 laku tidak yaa pasti tidak nah maka dari itu kita
harus melakukan pemetaan pasar agar target pasarnya tepat.
MATERI 3: MEMBUAT
IKLAN BAIK IKLAN TERDAFTAR ATAUPUN TIDAK TERDAFTAR
Membuat iklan untuk memenuhi kaidah mesin pencari agar mudah ditemukan
oleh customer ketika mencari produk anda di google itu sangat penting disini
ada teknik-tekniknya agar mesin pencari bisa menemukan iklan ada dengan mudah
dan tepat.
MATERI 4: OPTIMASI MEDIA SOSIAL
Banyak
orang yang sudah sukses melakukan penjualan dengan bantuan media social baik
itu facebook, instagram, twiter dll ada
yang butuh lama ada yang butuh lama banget baru berhasil jika anda ingin
mempercepat penjualan anda di media social ada trik-triknya, ada cara-caranya
agar penjualan anda meningkat dan itu akan kami kupas tuntas di private an kami
MATERI 5 : OPTIMASI VIDEO
Mengoptimalkan video untuk meningkatkan penjualan itu pun hasilnya luar
biasa karna searang orang banyak yang suka mencari barang melalui youtube dll
coba anda ketik tas laki-laki, tas ransel, tas backpack banyak produk saya yang
mudah ditemukan di youtube akan kami ajari trik2nya agar menjajah youtube
MATERI 6 : OPTIMASI BLOG
Setelah anda mengetahui apa itu kata kunci dan kata kunci apa yang anda
inginkan, anda kuasi optimasi iklan, Media social, Video dll maka langkah selanjutnya adalah
mengetahui bagaimana cara menggunakan kata kunci tersebut di dalam website
anda. Jika anda salah dalam meletakkannya, maka bisa jadi anda harus bekerja
lebih keras untuk memenangkan kata kunci tersebut.
MATERI 7 : SEO ON PAGE
MATERI 7 : SEO ON PAGE
Pengertian SEO On Page adalah mengoptimasi dari dalam website kita
untuk ON Page Terdiri dari
- Alamat Blog/URL
- Nama/judul Blog
- Deskripsi
- Metatage/tagmeta/meta deskripsi
- Template
- Pengunaan foto
- Minimal 5 artikel
- Kaidah membuat artikel atau post
- Konten
- Anchor Text
MATERI 8 : SEO OFF PAGE
Pengertian Off Page adalah Mengoptimasi dari Luar website
Di atas adalah SEO on Page selanjutnya akan saya bahan SEO OFF page
mengoptimalkan website dari luar website tersebut
- Kenalan. kenalkan web anda dengan mesin pencari akan mudah dideteksi
- iklan baris gratis dan berbayar
- Blogwalking
- social bookmark
- Article share
- dummy blog
- backlink generator
- Free ping service
- Backlink