Belajar SEO : PANDUAN SEO BERTAHAP UNTUK PEMILIK USAHA ONLINE


Kalo anda salah memilih Guru/Trainer maka belajar SEO sesuatu yang bisa memusingkan untuk para pemula. karna itu anda harus bijak dalam memilih guru/trainer dan saya akan membuat panduan yang bisa menuntun teman-teman pemula untuk melakukan SEO secara bertahap. Diharapkan anda bisa belajar SEO dengan lebih mudah jika anda melakukan tahap demi tahap dari tutorial SEO ini, kalo anda masih belum paham juga maka anda harus Ikut Program Private.


MATERI 1: APA ITU SEO? CARA KERJA SEARCH ENGINE DAN ALGORITMA GOOGLE

SEO adalah sebuah singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION atau OPTIMASI MESIN PENCARI. Secara sederhanakan intinya SEO adalah Mengoptimalkan Website agar berada di Halaman 1 google, Mudah ditemukan dengan Kata kunci yang tepat. nah untuk mengerjakan SEO saya Bagi menjadi dua  :
  1. SEO Organik adalah seo dimana kita menggunakan teknik agar mencapai halaman 1 google baik dengan cara  manual ataupun dengan cara robot
  2. SEO non organik adalah dimana kita menggunakan iklan GoogleAdWords misalnya

APA ITU SEO?  CARA KERJA SEARCH ENGINE ?

Untuk memberikan anda bayangan yang lebih mendalam dari keseluruhan proses belajar SEO ke depannya saya juga merekomendasikan anda membaca artikel ini, karena SEO anda bisa menemui kesulitan kalau anda tidak melihat korelasi dari hal-hal yang dijelaskan di dalam artikel berikut.

ALGORITMA
GOOGLE

Ada beberapa Algoritma google yang tujuanya untuk memudahkan pencarin, mendeteksi copy paste artikel dll beberapa diantaranya adalah
1. Algoritma Google Caffeine
Algoritma Google Caffeine resmi dirilis oleh Google pada 2009 silam yang bertujuan mengamati struktur arsitektur website pada indeks mereka dan begitu juga website yang belum dijamah.
2. Algoritma Google Panda
Selang dua tahun kemudian setelah google caffeine, tepatnya 2011, Google kembali merilis perubahan algoritma bernama Panda. Adapun tujuan utamanya yaitu menghukum website sebanyak mungkin yang doyan merilis konten berkualitas rendah. Pada masa ini konten berkualitas dianggap sebagai raja, bahkan berperan sentral dalam analisis dan evaluasi website.
3. Algoritma Google Penguin
Usai mengidentifikasi dan menghukum website berkonten kualitas rendah, inilah waktu tepat bagi Google lebih fokus dan memperbaiki kesalahan penerapan SEO. Algoritma baru akhirnya diperkenalkan kembali setahun usai perilisan Panda, tepatnya 2012 silam, kali ini mengusung nama hewan Penguin. Adapun tujuan utama yaitu meregulasi website spam atau optimasi berlebih.
4. Algoritma Google Hummingbird
Google pertama kali merilis Hummingbird pada ulang tahun ke-15, tepatnya September 2013 silam, bertujuan mencari website yang mengedepankan kecepatan dan ketepatan. Awalnya perilisan Hummingbird dijadwalkan pada Agustus, namun dibatalkan Google sehingga baru resmi berjalan sehari sebelum ulang tahun Google ke-15 yang jatuh pada tanggal 27 September.
Apa yang membuat Hummingbird berbeda dari versi terdahulu? Algoritma ini memungkinkan Google menyegarkan kembali indeks dan mesin pencari buatan mereka. Tak hanya itu, mereka turut menyimpan beragam elemen penting milik algoritma pencarian versi terdahulu. Bisa dikatakan bahwa Hummingbird jauh lebih lengkap.
Dan algoritma milik google masih terus berkembang dan diperbarui
MATERI 2: RISET KATA KUNCI DENGAN GOOGLE 

Rahasia dari kekuatan website adalah kata kunci yang tepat coba anda bayangkan anda mempuyai sebuah produk tikar lalu website anda diberi nama brand anda www.jokotik.com yang artinya jokotikar nah pertanyaanya adalah apakah masyarakat sudah mengenal brand anda jokotik. Mungkin tetangga anda saja tidak tahu apalagi orang di internet tidak mungkin mereka mengetikan jokotik.
Namun pembeli di internet pasti akan mengetik apa yang mereka butuhkan kalo saya mau beli tikar pasti saya ketik jualtikar. Lalu logika nya yang diketikan customer jual tikar nama website anda jokotik ketemu gak. Pastinya tidak. Nah dimateri kedua akan saya ajari Riset kata kunci dan pemetaan pasar fungsi pemetaan pasar adalah untuk mengetahui dikota mana orang yang menari tikar. Kalo misalkan anda jual di internet nembak kota papua sedangkan orang papua tidak butuh tikar kira2 laku tidak yaa pasti tidak nah maka dari itu kita harus melakukan pemetaan pasar agar target pasarnya tepat.  

MATERI 3: MEMBUAT IKLAN BAIK IKLAN TERDAFTAR ATAUPUN TIDAK TERDAFTAR 

Membuat iklan untuk memenuhi kaidah mesin pencari agar mudah ditemukan oleh customer ketika mencari produk anda di google itu sangat penting disini ada teknik-tekniknya agar mesin pencari bisa menemukan iklan ada dengan mudah dan tepat.

MATERI 4: OPTIMASI MEDIA SOSIAL

Banyak orang yang sudah sukses melakukan penjualan dengan bantuan media social baik itu facebook, instagram, twiter dll ada yang butuh lama ada yang butuh lama banget baru berhasil jika anda ingin mempercepat penjualan anda di media social ada trik-triknya, ada cara-caranya agar penjualan anda meningkat dan itu akan kami kupas tuntas di private an kami

MATERI 5 : OPTIMASI VIDEO

Mengoptimalkan video untuk meningkatkan penjualan itu pun hasilnya luar biasa karna searang orang banyak yang suka mencari barang melalui youtube dll coba anda ketik tas laki-laki, tas ransel, tas backpack banyak produk saya yang mudah ditemukan di youtube akan kami ajari trik2nya agar menjajah youtube

MATERI 6 : OPTIMASI BLOG

Setelah anda mengetahui apa itu kata kunci dan kata kunci apa yang anda inginkan, anda kuasi optimasi iklan, Media social, Video dll maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menggunakan kata kunci tersebut di dalam website anda. Jika anda salah dalam meletakkannya, maka bisa jadi anda harus bekerja lebih keras untuk memenangkan kata kunci tersebut.

MATERI 7 : SEO ON PAGE
Pengertian SEO On Page adalah mengoptimasi dari dalam website kita
      untuk ON Page Terdiri dari
  1. Alamat Blog/URL
  2. Nama/judul Blog
  3. Deskripsi
  4. Metatage/tagmeta/meta deskripsi
  5. Template
  6. Pengunaan foto
  7. Minimal 5 artikel
  8. Kaidah membuat artikel atau post
  9. Konten
  10. Anchor Text
MATERI 8 : SEO OFF PAGE

Pengertian Off Page adalah Mengoptimasi dari Luar website 
Di atas adalah SEO on Page selanjutnya akan saya bahan SEO OFF page mengoptimalkan website dari luar website tersebut
  1. Kenalan. kenalkan web anda dengan mesin pencari akan mudah dideteksi 
  2.  iklan baris gratis dan berbayar
  3. Blogwalking  
  4. social bookmark
  5. Article share 
  6. dummy blog
  7. backlink generator
  8. Free ping service 
  9. Backlink 






Previous
Next Post »