Perbedaan
SEO, SEM, SMM, SMO ?
Lagi Rame nie tentang SEO tapi selain SEO ada SEM, SMM & SMO tapi tau enggak perbedaanya apa ? nah Bagi
Anda yang belum mengetahuinya, kami akan memberikan penjelasan tersebut.
Pertama Apa
itu SEO?
Seperti yang
sudah saya jelaskan diartikel sebelumnya SEO adalah Mengoptimalkan
Website agar berada di Halaman 1 google, Mudah ditemukan dengan Kata kunci yang
tepat.
SEO pun saya diBagi menjadi dua :
- SEO Organik adalah seo dimana kita menggunakan teknik agar mencapai halaman 1 google baik dengan cara manual ataupun dengan cara robot
- SEO non organik adalah dimana kita menggunakan iklan GoogleAdWords misalnya
Yang kedua Apa
itu SEM?
Terkadang
Anda mendengar orang-orang menggunakan istilah SEO dan SEM secara bergantian atau malah hanya mendengar istilah
SEO saja SEM tidak tau ? dulu Sebenarnya kedua istilah ini Mirip atau penjelasanya hampir sama,
tetapi sekarang ini mereka berbeda satu sama lain. Mari kita lihat bagaimana Google
mendefinisikan SEM (Search Engine Marketing)
“Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari
untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem
pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika
seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau
CPC).” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.
Seperti yang kita lihat, SEM melibatkan iklan berbayar
seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online. Proses
ini melibatkan pembuatan kampanye dan pengukuran hasil kampaye. Anda menetapkan
anggaran dan berharap akan cepat mengembalikan investasi. Ini juga merupakan
cara tercepat agar website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari.
Hasil ini muncul sebagai iklan yang disponsori di bagian atas atau samping
hasil pencarian organik.
Yang ketiga
Apa itu SMO?
Jadi sekarang kita mengetahui apa itu SEO dan SEM, tapi
apakah itu SMO? SMO singkatan Social Media Optimization. Mungkin definisi
terbaik yang kami temukan untuk ini adalah melalui forum pada pembahasan SMO:
“Sosial Media Optimization meningkatkan visibilitas profil
social media Anda, aktivitas jejaring sosial Anda dan konten Anda yang
dipublikasikan sehingga mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang
berhubungan dengan konten Anda. Sosial Media Optimization membantu mengarahkan
lalu lintas ke situs Web atau blog, membuat lebih mudah bagi orang lain untuk
berbagi dengan lingkaran teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand
Anda dan membantu mesin pencari mengindeks profil social media Anda, aktifitas
sosial dan posting blog menjadi lebih mudah” – anonim.
Intinya adalah, Anda harus membangun profil online melalui
jaringan media sosial sehingga Anda dapat berbagi konten yang Anda buat di
website atau blog Anda. Selain itu, Anda dapat
menambahkan tombol share social media untuk memungkinkan orang lain
untuk dengan mudah berbagi konten Anda.
Yang ke
Empat Apa itu SMM?
Mirip dengan SEM, SMM singkatan Social Media Marketing. Dan
seperti yang Anda bisa tebak, itu
melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial. Jika Anda sudah
familiar dengan iklan Facebook, maka itu merupakan SMM. Ini adalah proses
menggunakan iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda dan
meningkatkan eksposur merek Anda.
Yang Tepat Bagi Anda?
Jadi setelah kita mendefinisikan persyaratan di atas dan
telah mengidentifikasi bahwa Jasa SEO dan SMO adalah metode yang dapat Anda
terapkan sendiri sedangkan SEM dan SMM adalah metode yang membutuhkan
pembayaran pada iklan dan menetapkan anggaran. Meskipun SEM dan SMM akan
membuat hasil yang cepat, mereka terbatas pada ukuran anggaran Anda. SEO dan
SMO adalah solusi jangka panjang, jika dilakukan dengan benar, dapat terus
membawa hasil yang diinginkan untuk bisnis Anda. Jadi mana yang tepat untuk
Anda? Ini semua tergantung pada tujuan bisnis Anda, tapi setidaknya sekarang
Anda memahami persyaratan dan dapat membuat keputusan pada metode yang akan
digunakan.