Perbedaan SEO, SEM, SMM, SMO ?


Perbedaan SEO, SEM, SMM, SMO ?


Perbedaan SEO, SEM, SMM, SMO ?

Lagi Rame nie tentang  SEO tapi selain SEO ada SEM, SMM & SMO tapi tau enggak perbedaanya apa ? nah Bagi Anda yang belum mengetahuinya, kami akan memberikan penjelasan tersebut.
Pertama Apa itu SEO?
Seperti yang sudah saya jelaskan diartikel sebelumnya SEO adalah Mengoptimalkan Website agar berada di Halaman 1 google, Mudah ditemukan dengan Kata kunci yang tepat.
SEO pun saya diBagi menjadi dua :
  1. SEO Organik adalah seo dimana kita menggunakan teknik agar mencapai halaman 1 google baik dengan cara  manual ataupun dengan cara robot
  2. SEO non organik adalah dimana kita menggunakan iklan GoogleAdWords misalnya

Yang kedua Apa itu SEM?

Terkadang Anda mendengar orang-orang menggunakan istilah SEO dan SEM secara bergantian atau malah hanya mendengar istilah SEO saja SEM tidak tau ? dulu Sebenarnya kedua istilah ini Mirip atau penjelasanya hampir sama, tetapi sekarang ini mereka berbeda satu sama lain. Mari kita lihat bagaimana Google mendefinisikan SEM (Search Engine Marketing)

“Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.

Seperti yang kita lihat, SEM melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online. Proses ini melibatkan pembuatan kampanye dan pengukuran hasil kampaye. Anda menetapkan anggaran dan berharap akan cepat mengembalikan investasi. Ini juga merupakan cara tercepat agar website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Hasil ini muncul sebagai iklan yang disponsori di bagian atas atau samping hasil pencarian organik.

Yang ketiga Apa itu SMO?

Jadi sekarang kita mengetahui apa itu SEO dan SEM, tapi apakah itu SMO? SMO singkatan Social Media Optimization. Mungkin definisi terbaik yang kami temukan untuk ini adalah melalui forum pada pembahasan SMO:

“Sosial Media Optimization meningkatkan visibilitas profil social media Anda, aktivitas jejaring sosial Anda dan konten Anda yang dipublikasikan sehingga mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten Anda. Sosial Media Optimization membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web atau blog, membuat lebih mudah bagi orang lain untuk berbagi dengan lingkaran teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand Anda dan membantu mesin pencari mengindeks profil social media Anda, aktifitas sosial dan posting blog menjadi lebih mudah” – anonim.

Intinya adalah, Anda harus membangun profil online melalui jaringan media sosial sehingga Anda dapat berbagi konten yang Anda buat di website atau blog Anda. Selain itu, Anda dapat  menambahkan tombol share social media untuk memungkinkan orang lain untuk dengan mudah berbagi konten Anda.

Yang ke Empat Apa itu SMM?

Mirip dengan SEM, SMM singkatan Social Media Marketing. Dan seperti yang Anda bisa tebak,  itu melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial. Jika Anda sudah familiar dengan iklan Facebook, maka itu merupakan SMM. Ini adalah proses menggunakan iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda dan meningkatkan eksposur merek Anda.

Yang Tepat Bagi Anda?

Jadi setelah kita mendefinisikan persyaratan di atas dan telah mengidentifikasi bahwa Jasa SEO dan SMO adalah metode yang dapat Anda terapkan sendiri sedangkan SEM dan SMM adalah metode yang membutuhkan pembayaran pada iklan dan menetapkan anggaran. Meskipun SEM dan SMM akan membuat hasil yang cepat, mereka terbatas pada ukuran anggaran Anda. SEO dan SMO adalah solusi jangka panjang, jika dilakukan dengan benar, dapat terus membawa hasil yang diinginkan untuk bisnis Anda. Jadi mana yang tepat untuk Anda? Ini semua tergantung pada tujuan bisnis Anda, tapi setidaknya sekarang Anda memahami persyaratan dan dapat membuat keputusan pada metode yang akan digunakan.
Previous
Next Post »